Sukses

Jadi Rekor Dunia, Sekolah Ini Cetak Lulusan Pilot dalam 115 Hari

Kedaiwebsite.id, Jakarta Sekolah pilot yang didirikan anak bangsa, 14DayPilot berhasil memecahkan rekor dengan mencetak lulusan pilot pesawat komersil tercepat di dunia. Sekolah ini mampu mencetak pilot untuk siap terbang hanya dalam waktu 115 hari masa pelatihan.

Pendiri 14DayPilot, Capt Gema Merdeka Goeyardi mengatakan, pada umumnya program pelatihan pilot di Indonesia memakan waktu 1-1,5 tahun dan di Amerika kurang lebih 6-9 bulan.

Namun, 14DayPilot berhasil menjadi sekolah pilot pertama di dunia yang berhasil memecahkan rekor dunia dalam mencetak Commercial Pilot Instrument Rating tercepat di dunia, hanya dalam 115 hari dengan license FAA (Federal Aviation Administration) USA.

"Pilot Indonesia yang berhasil lulus dalam 115 hari adalah Farandi Angesti, 19 tahun yang lulus Juni 2018 lalu," ujar dia di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Gema mengungkapkan untuk bisa mencetak lulusan pilot berstandar FAA dengan waktu cepat diperlukan bekerja ekstra keras, memiliki kemampuan Bahasa Inggris tinggi dan mampu bekerja sebagai tim.

“Saya menemukan rahasia besar dalam metode pengajaran, management flight training, dan penetapan silabus untuk mencetak pilot dalam waktu singkat dengan harga terjangkau, dan berkualitas dunia yakni mengacu pada standard FAA," kata dia.

Dengan metode pelatihan yang dia terapkan, Gema berharap mampu memenuhi kebutuhan akan pilot pesawat terbang komersial secara cepat dari dalam negeri. Sebab selama ini kebutuhan akan pilot pesawat sangat besar seiring dengan pertumbuhan bisnis penerbangan.

“Kebutuhan pilot dunia akan berkembang luas dan negara-negara di Asia akan sangat membutuhkan pilot dalam 10 tahun mendatang dengan gaji yang besar hingga USD 300 ribu setahun. Seperti China dan mereka membutuhkan pilot berlisensi FAA. Selain itu, Indonesia negara kepulauan pasti akan memiliki banyak bandara dan General Aviation akan maju dalam 20 tahun ke depan," ungkap dia.

 

Sementara itu, Ketua Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Jaya Suprana yang memberikan piagam MURI kepada 14DayPilot berharap sekolah ini bisa mencetak banyak pilot di dalam negeri dengan kualitas dan standar keamanan penerbangan yang tinggi.

Sekolah ini juga diharapkan menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan akan pilot tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia.‎‎

"Pemberian penghargaan dari MURI sekaligus menjadi motivasi besar agar 14DAYPILOT terus menjaga kualitas dan memberikan kontribusi pada industry aviasi di Indonesia khususnya bidang edukasi peningkatan mutu pilot muda Indonesia," tandas dia.‎

Masuk 20 Besar, Baim Wong Ungguli Atta Halilintar

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Berkat Kecerdasan Buatan, Pesawat Bakal Bisa Terbang Tanpa Pilot
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Para Pilot di Indonesia Dukung Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno?